Cara Cepat Ngeprint Di Excel




Cara Cepat Ngeprint Di Excel
Cara Cepat Ngeprint Di Excel

Cara Cepat Ngeprint Di Excel – Mencetak dokumen dari Excel seringkali bisa menjadi tugas yang memakan waktu, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan fitur-fitur pencetakan yang ada. Namun, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, Anda dapat mempercepat proses pencetakan Anda di Excel. Berikut adalah beberapa cara untuk mencetak dengan cepat dan efisien di Excel:

Cara Cepat Ngeprint Di Excel

ctrl p

  1. Gunakan Shortcuts Keyboard

Memakai shortcut keyboard adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan efisiensi dalam menggunakan Excel. Beberapa shortcut yang berguna untuk pencetakan di Excel adalah:

Ctrl + P: Membuka dialog pencetakan.

Ctrl + Shift + F12: Mencetak secara langsung tanpa membuka dialog pencetakan.

Ctrl + S: Menyimpan pekerjaan Anda sebelum mencetak, untuk menghindari kehilangan perubahan.

  1. Atur Area Cetak dengan Cermat

Sebelum mencetak, pastikan Anda hanya mencetak area yang diperlukan. Anda dapat mengatur area cetak dengan menetapkan cetak area, sehingga hanya bagian tertentu dari lembar kerja yang akan dicetak.

Pilih area yang ingin Anda cetak.

Klik kanan pada area yang dipilih dan pilih “Cetak Area” dari menu dropdown.

Setelah itu, Anda bisa mencetak area tersebut tanpa harus mencetak seluruh lembar kerja.

  1. Pratinjau Cetak

Fitur pratinjau cetak memungkinkan Anda melihat bagaimana dokumen Anda akan terlihat sebelum mencetak. Ini membantu Anda untuk menyesuaikan pengaturan cetak sesuai kebutuhan Anda tanpa harus mencetak ulang berkali-kali. Untuk menggunakan fitur ini:

Klik pada tab “File” di menu Excel.

Pilih “Pratinjau Cetak” dari opsi yang tersedia.

Anda akan melihat bagaimana dokumen akan terlihat saat dicetak, dan Anda dapat menyesuaikan skala, orientasi, dan layout sesuai keinginan.

  1. Gunakan Templates Cetakan

Excel menyediakan berbagai template cetakan yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses pencetakan. Anda bisa memilih template yang sesuai dengan jenis dokumen yang ingin Anda cetak dan kemudian mengisi informasi yang diperlukan.

Klik pada tab “File” di menu Excel.

Pilih “Baru” dan cari template cetakan yang Anda butuhkan di bawah kategori “Cetak dan Cetak”.

  1. Pilih Mode Cetak Cepat

Excel memiliki opsi mode cetak cepat yang memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen tanpa harus membuka dialog pencetakan. Ini sangat berguna jika Anda ingin mencetak dengan cepat tanpa harus menyesuaikan pengaturan.

Tekan tombol “Ctrl + Shift + F12” untuk langsung mencetak dokumen tanpa membuka dialog pencetakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam mencetak dokumen di Excel. Semoga tips ini membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan Excel untuk kebutuhan pencetakan Anda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*