Bagaimana Cara Pemanggilan CSS




Cara Pemanggilan CSS
Cara Pemanggilan CSS

Bagaimana Cara Pemanggilan CSS – Hai teman – teman, bertemu lagi dengan kami. Bagaimana kabar teman – teman hari ini? kami harap kalian selalu dalam keadaan sehat. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Bahasa Pemrograman CSS pada bagian cara memanggilnya. Harapannya artikel ini dapat membantu para pemula yang baru masuk pada dunia programming. 

Seringkali saya menjumpai para pemula dalam dunia programming yang mencampur css menjadi satu didalam tag HTML. Nah, hal ini nantinya akan membuat kode program kamu terlihat rumit dan akan mempersulit ketika kamu akan mengubah style nantinya karena harus mengganti satu per satu. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara penulisan dan pemanggilan css yang benar.

Metode Pemanggilan CSS

Secara umum pemanggilan CSS ada 3 cara diantaranya External, Internal dan Inline. Metode external berarti memanggil CSS dari luar atau tidak berada dalam satu file yang sama. Internal dengan cara menuliskannya pada file yang sama. Dan inline adalah metode yang memasukkan css pada tag HTML secara langsung.

  1. MetodeExternal
    external mode
    external mode

    seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemanggilan css dengan cara external yaitu dengan membuat file HTML dan CSS terpisah. Cara ini merupakan cara yang paling populer, dan sangat direkomendasikan apabila script atau kode yang kamu tuliskan banyak. Adapun cara pemanggilannya adalah sebagai berikut :

    Pemanggilan metode external
    Pemanggilan metode external

Namun itu hanya sekedar contoh saja, nama dari file css tidak harus style.css, jika nama dari file css mu bukan style.css silahkan ganti href=”style.css” pada gambar diatas dengan nama file css mu.

2. Metode Internal 

internal mode
internal mode

Metode yang kedua adalah dengan mencampurkan Html dengan script css yang intinya ada didalam satu file yang sama. Cara yang kedua ini adalah cara yang menuliskan script css didalam tag <style></style> yang dibungkus pada tag <head></head>. Metode ini cocok digunakan apabila kamu tidak ingin memberikan style atau css yang terlalu banyak.

3. Metode Inline 

Inline metode
Inline metode

metode inline sama artinya dengan memasukkan CSS pada tag HTML secara langsung menggunakan atribut style. Metode ini cocok digunakan jika kamu ingin memberikan gaya untuk elemen tunggal.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*