Aplikasi Belajar Online




Aplikasi Belajar Online
Aplikasi Belajar Online

Aplikasi Belajar Online – Pandemi COVID-19 yang kian meluas paling berdampak untuk anak-anak sekolah. Karena pemerintah menghentikan kegiatan di sekolah dan menggantinya dengan belajar di lokasi tinggal secara daring (online). Ada beberapa software belajar online yang dapat dipakai oleh semua siswa sekitar berada di rumah.

Beberapa sekolah telah mengikuti peradaban teknologi dengan mengimplementasi edutech (teknologi edukasi), baik software belajar online produksi sekolah itu maupun platform yang telah beredar di Google Play Store.

Aplikasi Belajar Online

Aplikasi Belajar Online
Aplikasi Belajar Online

Sebenarnya terdapat puluhan layanan software belajar online yang disediakan oleh startup edukasi dan perusahaan teknologi. Mulai dari sekelompok fitur guna guru/sekolah menciptakan “kelas online”, program belajar mandiri, sampai program live-teaching layaknya sekolah harian.

Dari berbagai software belajar online di Play Store, sebagai berikut rekomendasi software belajar online yang mudah dipakai oleh semua siswa sekitar #DiRumahAja.

  1. Ruangguru

Ruangguru, membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui software Ruangguru, sebagai format dan upaya Ruangguru dalam membalas tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah terpaksa kesehatan penyakit COVID-19.

Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, semua siswa dapat membantu pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) masing-masing hari Senin hingga Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di software Ruangguru.

Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa dapat mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB, di mana akan terdapat 15 kanal live teaching yang merangkum semua mata latihan sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari ruang belajar 1 SD sampai kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang diberikan panduan oleh semua Master Teachers Ruangguru.

Para murid yang belum dapat mengekor sesi di pagi hari dapat pun mengakses rekaman Sekolah Online yang bisa diakses pada hari yang sama sesudah pukul 12.00 WIB.

Selain kemudahan live teaching, semua siswa bisa terus mengajar pemahamannya melewati fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Layaknya sekolah seperti biasa, siswa pun dapat memahami apa yang bakal dipelajari di jam dan hari tertentu melewati rincian jadwal pembelajaran yang ada di software Ruangguru.

Di masing-masing sesi live teaching dalam Sekolah Online Ruangguru, siswa pun dapat mengemukakan pertanyaan serta bertukar pikiran bersama pelajar lain melewati fitur live chat.

Terdapat pula fitur set reminder pada software yang bisa mengingatkan murid secara otomatis bilamana sebuah ruang belajar akan dibuka pada jam yang sudah ditentukan.

Jika siswa belum dapat mengikuti ruang belajar dari awal, pembelajaran di Sekolah Online Ruangguru Gratis bisa diakses kembali sesudah sesi borongan sesi pembelajaran selesai.

  1. Zenius

Zenius Education menggratiskan akses ke video pembelajaran di semua platformnya untuk mempermudah akses semua siswa belajar di lokasi tinggal secara berdikari dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN).

Selain bisa diakses secara gratis, beberapa besar video pembelajaran dihadirkan dengan bentuk whiteboard yang dianggap memerlukan kuota internet sangat hemat.

Guru pun dapat turut menyalurkan konten berupa video pembelajaran dan pelajaran soal tersebut untuk siswa dan orang tua siswa melalui sekian banyak  platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp.

Terhitung sampai Maret 2020, Zenius mempunyai lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk ruang belajar 1 SD sampai 12 SMA cocok kurikulum nasional.

Tidak hanya video pelajaran yang menekankan pemahaman konsep, Zenius pun menyediakan materi pelajaran soal serta pembahasan kelompok soal-soal UN.

Di samping menggratiskan akses ke platformnya, Zenius menyiapkan tryout online cuma-cuma dan diadakan serentak di situs dan software Zenius.

  1. Quipper

Sebagai upaya untuk menyokong himbauan dari pemerintah, perusahaan edutech Quipper menggratiskan Quipper School, platform learning management system (LMS) yang menawarkan teknik belajar inovatif dan mudah dipakai baik untuk semua guru maupun siswa.

Dengan memakai Quipper School, guru bisa mengelola pelajaran pembelajaran, ujian, serta nilai siswa.

Siswa pun bisa dengan mudah menggarap pekerjaan lokasi tinggal dan tugas secara online melewati perangkat digital.

Melalui fasilitas pemakaian software yang bisa diakses melewati website utama Quipper, diinginkan layanan Quipper School yang terdapat secara cuma-cuma dapat menolong pemerintah dalam menanggulangi akibat dari wabah COVID-19 di sektor pendidikan.

  1. Cakap

Cakap, sebagai di antara pemain ​ed-tech di Indonesia, meluangkan online platform sebagai pilihan kegiatan belajar melatih di Indonesia.

Dengan memakai metode interaksi dua-arah, yang didukung oleh teknologi, Cakap mengembangkan penyelesaian layanan guna pendidikan, atau biasa dinamakan ​Education As A Service (EAAS).

Tersedia di Google Play dan App Store, Cakap bertolak belakang dari platform software lainnya, karena Cakap berfokus pada pembelajaran bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin dan Jepang, yang menawarkan sekian banyak  metode pembelajaran.

Pengguna bisa menghadiri ruang belajar yang diharapkan dan memilih mentor/guru kesayangan dan mengerjakan interaksi dua arah secara langsung melewati video call di dalam platform.

  1. Kipin School

Kipin School 4.0 muncul dalam software yang mengandung ebook, video, pelajaran soal dan bacaan literasi, yang dapat diunduh cuma-cuma lewat smartphone dan tablet berbasis android dan iOS, pun PC yang berbasis Windows 10.

Isi app Kipin School 4.0 disebut cocok dengan kurikulum yang diajarkan disekolah-sekolah ketika ini, yaitu 2500 buku pelajaran sekolah mulai dari SD,SMP,SMA & SMK. Semua buku-buku itu diterbitkan oleh Kemendikbud.

Di samping itu, terdapat lebih dari 1000 video pembelajaran ruang belajar yang dibawakan oleh guru-guru di sekolah dan dibawakan di kelas-kelas secara sesungguhnya, sampai-sampai anak-anak yang menyaksikan video di app seolah muncul sendiri di kelas.

Ada pula puluhan ribu pelajaran soal dari seluruh pelajaran. Siswa sesudah belajar dapat mencoba sendiri penilaian belajar dan nilainya akan hadir langsung di gadget yang dipakai.

Tersedia pula ratusan buku bacaan guna menambah keterampilan literasi siswa, dan menariknya berupa komik mengandung tentang edukasi moral-budi pekerti, kesehatan dan sejarah.

Tidak hanya untuk mereka yang sudah masuk bangku sekolah, ada pun menu yang diperuntukan untuk mereka yang pra-sekolah, mengandung 100 buku dan video-video pembelajaran.

Aplikasi tersebut pun dilengkapi dengan teknologi “anotasi,” di mana siswa dapat mencoret-coret di e-book seperti highlight kalimat dan garis bawah, serta keterampilan “download and go” untuk mendownload video sampai-sampai dapat disaksikan berkali-kali tanpa memerlukan lagi jalur internet.

  • Kesimpulan

Di atas adalah aplikasi belajar online yang cocok digunakan untuk belajar di rumah akibat pandemi korona saat ini.

 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*