Apa Saja Jenis Virus Pada Komputer




Apa Saja Jenis Virus Pada Komputer
Apa Saja Jenis Virus Pada Komputer

Apa Saja Jenis Virus Pada Komputer – Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah virus di komputer. Virus komputer adalah sebuah program yang dapat merusak dan menggandakan dirinya menjadi beberapa bagian dan menyebar ke dokumen lain pada sistem komputer. Virus dapat merusak sistem pada komputer, dan jika dibiarkan maka virus tersebut akan menjadi lebih banyak dan dapat merusak sistem secara keseluruhan.

Apa Saja Jenis Virus Pada Komputers
Apa Saja Jenis Virus Pada Komputers

Sekitar 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Berbagai jenis virus juga dapat mencuri data menghapus file dan dokumen, dan dapat menginfeksi komputer lainnya melalui jaringan internet. Berikut adalah berbagai macam jenis virus yang harus kamu waspadai.

Apa Saja Jenis Virus Pada Komputer

1. Memory Resident Virus

Virus ini diciptakan untuk menginfeksi memori RAM. Virus ini diprogram untuk membuat kinerja komputer menjadi sangat lambat dan mampu menginfeksi program-program yang ada di komputer. Virus ini akan aktif secara otomatis saat kondisi komputer dinyalakan. Untuk mengatasi virus ini, kamu hanya perlu menggunakan antivirus seperti Avast, Smadav, dan sejenisnya

2. FAT Virus

File Allocation Table atau FAT Virus merupakan jenis virus yang mampu merusak file-file pada komputer kamu. Virus ini biasa bersembunyi di tempat folder penyimpanan pribadi. Virus ini dapat menyembunyikan file-file penting yang ada di dalam komputer kamu, seolah-olah file tersebut hilang atau tidak ada.

3. Companion Virus

Virus ini memilliki kemampuan untuk menganggu data-data pribadi yang ada di komputer kamu. Virus ini diprogram untuk merusak format data dan mengubah format data lain atau palsu dengan .apk atau .com. Cara mengatasi virus ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan program antivirus dan dan membersihkannya secara rutin.

4. Multipartite Virus

Virus ini menginfeksi sistem operasi pada program-program tertentu dan bersembunyi di dalam RAM. Jika dibiarkan, virus ini akan menular pada bagian penyimpanan harddisk. Virus ini dapat menginfeksi komputer kamu dengan sangat cepat. Efek yang ditimbulkan apabila komputer kamu terjangkit virus ini adalah membuat beberapa aplikasi tidak bisa dibuka dan otomatis akan memformat penyimpanan harddisk kamu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*