Apa Nama Layar Proyektor




Apa Nama Layar Proyektor
Apa Nama Layar Proyektor

Apa Nama Layar Proyektor – Pada era ini proyektor sudah banyak digunakan pada berbagai kalangan dan berbagai keadaan, contohnya di kantor digunakan untuk presentasi bisnis serta disekolah digunakan guru untuk video edukasi maupun untuk presentasi. Nah, sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama mari kita pahami terlebih dahulu mengenai Proyektor.

Apa Nama Layar Proyektor

Layar Proyektor
Layar Proyektor

Makna dan Sejarah Proyektor

Proyektor adalah sebuah perangat yang dapat memunculkan cahaya, sistem optik, elektronik, dan display yang bertujuan untuk membuat gambar maupun video ke layar dan membuat tampilannya terlihat lebih besar. Sedangkan untuk layar proyektor bernama tripod screen projector.

Selain itu juga perlu kita pahami sejarah mengenai Proyektor, Proyektor LCD pertama kali ditemukan oleh ilmuwan yang bernama Gene Dolgrof singkat cerita pada tahun 1984 ilmuwan tersebut memiliki kemajuan yang cukup baik atas percobaannya. Dan ditahun yang sama pula Gene berhasil menciptakan Proyektor LCD pertama di dunia.

Jenis – Jenis Layar Proyektor

Proyektor ini juga mempunyai beberapa jenis layar yang banyak digunakan

  1. Tipe Manual Pull Down

Layar dengan Tipe ini biasanya diletakkan pada media dinding. Untuk mengeluarkan layar, pengguna biasanya akan menarik secara manual dan terdapat fungsi yang disebut Self Lock Controller.

  1. Tipe Motorized

Layar dengan Tipe Motorized adalah layar yang diletakkan pada dinding. Namun, layar ini mempunyai kelebihan yaitu adanya motor yang dapat menggulung maupun menggeluarkan layar secara otomatis.

  1. Tipe Tripod Screen

Tripod Screen adalah layar proyektor yang memiliki tiang dan kaki yang memiliki fungsi untuk menyangga layar. Layar dengan Tipe Tripod Screen ini cukup fleksibel untuk digunakan.

  1. Tipe Table Screen

Layar Tipe ini merupakan layar terkecil dan ringan, tipe ini mudah dalam penggunaan maupun penempatannya.

  1. Tipe Fast Fold Screen

Layar dengan Tipe ini biasanya digunakan untuk format besar, layar dengan tipe ini mempunyai kerangka di sisi sisinya dan memiliki kaki yang kuat.

  • Kelebihan Proyektor

Selain memiliki beberapa jenis tipe layar, proyektor juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Dapat meningkatkan pengalaman dalam kegiatan belajar
  2. Memudahkan ketika memperbesar gambar maupun media yang lain
  3. Mudah digunakan
  4. Perangkat yang memudahkan untuk melakukan presentasi.
  • Kekurangan Proyektor
  1. Harga proyektor yang kadang masih tinggi
  2. Penggunaan listrik yang banyak
  3. Biaya servis yang mahal
  4. Radiasi yang dikeluarkan juga tergolong tinggi.

Jadi, itulah beberapa penjelasan yang dapat kita bahas pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman – teman semua.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*