Apa itu Web Hosting ?




Apa itu Web Hosting ( Sumber by metodeku.com )
Apa itu Web Hosting ( Sumber by metodeku.com )

Apa itu Web hosting – Bagi kalian yang sudah lama menyelam di bidang TI atau informatic engineering pastinya sudah tidak asing dengan istilah webhosting ini. Tetapi bagi orang awam, istilah ini terdengar asing.

Web Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua file dan data yang ada pada website agar bisa online di internet dan diakses oleh siapa pun. Web hosting merupakan hal yang wajib diketahui oleh seorang web development. Karena tanpa web hosting maka web kita tidak bisa dikenal dan diakseskan kepada semua orang.

Contoh Domain Website
Contoh Domain Website

Apa sih perbedaan Web Hosting dan Domain?

Tidak sedikit yang belum mengerti tentang perbedaan keduanya. Memang jika dilihat sekilas nampak sama, namun keduanya memiliki definisi dan fungsi yang berbeda. Singkatnya web hosting merupakan layanan yang mengonlinekan situs kita. Sedangkan domain adalah nama alamat web kita. Tampilan domain seperti berikut ini :

Bagaimana cara kerja web hosting?

Cara kerja dari web hosting adalah mereka akan  membuat sebuah server yang dikhususkan untuk menyimpan data-data dari website internet kamu sehingga bisa diakses oleh orang – orang. Yang dimaksud dengan “mereka” adalah penyedia layanan web hosting ini. Pada saat kamu berlangganan, maka penyedia layanan web hosting akan menyediakan sebuah server agar website kamu bisa menjadi lebih maksimal dalam penggunaannya.

Sebenarnya, penyedia layanan web hosting akan memberikan sebuah paket sehingga bisa terakses pada server  melalui  cPanel. Nah, ini akan membuat para web development menjadi lebih mudah dalam mengunggah file yang melalui server itu. Jadi, ketika kamu telah memiliki sebuah website yang berdomain tinggi, maka website tersebut akan diarahkan pada server yang bisa dijangkau oleh browser. Atau dalam artian cakupannya luas.

Selain itu, jika seseorang sedang menuliskan tentang nama website kamu di search engine, maka akan ditampilkan oleh pihak browser. Setelah memilih web tujuan di browser, maka akan ditampilkan isi data yang dimiliki oleh website yang kamu buat. Tetapi hal tersebut tidak akan berlangsung lama.  Jika ini memakan waktu yang cukup lama, maka cobalah mempercepat website kamu dengan mengganti jasa hosting tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*