Apa Itu Speaker Pasif




Apa Itu Speaker Pasif
Apa Itu Speaker Pasif

Apa Itu Speaker Pasif – Speaker merupakan salah satu perangkat audio yang paling umum digunakan dalam mengubah sinyal listrik menjadi suara yang dapat didengar oleh telinga manusia. Speaker pasif adalah salah satu jenis speaker yang populer dan banyak digunakan dalam berbagai aplikasi audio.

Apa Itu Speaker Pasif

Speaker Pasif dipasok dari sumber external
Speaker Pasif dipasok dari sumber external

Apa Itu Speaker Pasif – Speaker pasif adalah jenis speaker yang memerlukan daya yang dipasok dari sumber eksternal, seperti amplifier, untuk menghasilkan suara. Dalam konfigurasi speaker, tidak ada sumber daya internal yang digunakan untuk memperkuat sinyal audio. Sebaliknya, mereka membutuhkan daya dari luar agar bisa berfungsi.

Prinsip Kerja Speaker

Prinsip kerja speaker pasif didasarkan pada interaksi antara medan magnet dari driver dan arus listrik yang mengalir melalui kumparan suara (voice coil) di dalamnya. Ketika sinyal audio diterapkan pada kumparan suara, arus listrik yang berubah menghasilkan medan magnet yang berubah pula.

Medan magnet ini berinteraksi dengan medan magnet tetap yang ada di dalam driver, menyebabkan konus atau membran driver bergerak maju-mundur. Gerakan ini menghasilkan gelombang suara yang mendalam dan menghasilkan suara yang kita dengar.

Perbedaan dengan Speaker Aktif

Sebagai perbandingan, speaker aktif adalah jenis speaker yang memiliki amplifier terintegrasi di dalamnya. Speaker ini dapat menerima sinyal audio langsung dari perangkat sumber seperti ponsel, komputer, atau pemutar musik lainnya, tanpa memerlukan amplifier eksternal. Karena memiliki amplifier terintegrasi, speaker aktif bisa berfungsi tanpa perlu tambahan amplifier eksternal.

Namun, speaker aktif juga memerlukan daya untuk mengoperasikan amplifier di dalamnya. Speaker aktif sering kali digunakan dalam pengaturan yang lebih sederhana, di mana diperlukan kepraktisan dan kemudahan instalasi tanpa banyak perangkat terpisah.

Kesimpulan

jenis speaker yang populer dan banyak digunakan dalam system audio. Mereka memerlukan daya dari sumber eksternal seperti amplifier untuk menghasilkan suara. Prinsip kerja speaker pasif didasarkan pada interaksi antara medan magnet dan arus listrik yang menggerakkan driver untuk menghasilkan suara. Dengan kemampuan untuk mengontrol dan mengatur suara melalui ampilifier eksternal. Speaker pasif terus menjadi pilihan yang populer dalam berbagai pengaturan audio.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*