Apa itu RDBMS




RDBMS by metodeku
RDBMS by metodeku

Apa itu RDBMS – Pernahkah kalian mendengar tentang RDBMS? Untuk kalian yang masuk dalam jurusan IT seperti rekayasa perangkat lunak, sistem komunikasi dan jaringan, teknik informatika dan lain – lain pastinya sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Jadi apa sebenarnya RDBMS itu? RDBMS adalah singkatan dari Relational Database Management System yang diartikan dalam bahasa indonesia adalah sistem manajemen basis data relasional. Apa maksud dari sistem manajemen basis data relasional? mari kita baca penjelasan berikut

rdbms adalah
rdbms (freepik)

Apa sih Pengertian Dari RDBMS?

RDBMS ( Relational Database Management System) adalah program atau sistem yang melayani sistem basis data. Perlu kamu ketahui entitas utama dari sistem ini terdiri dari tabel – tabel yang mempunyai relasi dari satu tabel ke tabel yang lain. Apa itu entitas? Secara umum entitas adalah sesuatu yang memiliki keadaan unik, dapat berupa fisik maupun abstraksi. Dalam basisdata, entitas adalah segala sesuatu meliputi objek yang mempresentasikan data yang kemudian akan disimpan ke pangkal data.

Untuk membuat suatu sistem basis data yang terstruktur maka antara satu tabel dan tabel lainnya mempunyai relasi / hubungan yang harus selalu sesuai. Dengan relational database ini data akan secara konsisten disimpan di suatu tabel. Lalu tabel lain yang membutuhkan data lainnya hanya tinggal menghubungkan melalui foreign key.

Macam – macam relasi dalam basis data

  • One to one, relasi one to one adalah sebuah kondisi dimana satu baris data pada sebuah tabel hanya memiliki satu jumlah relasi ke sebuah data pada tabel yang lainnya.
  • One to many, relasi one to many adalah sebuah kondisi dimana satu baris data pada sebuah tabel memiliki satu atau lebih relasi ke sebuah data pada tabel lain. Relasi ini adalah relasi yang sering digunakan dalam pembuatan suatu sistem database.
  • Many to many, relasi many to many adalah sebuah kondisi dimana satu atau lebih baris data pada sebuah tabel  memiliki satu atau lebih relasi ke sebuah data pada tabel lainnya.

Cara mengingatnya cukup mudah. One to one berarti satu data berelasi dengan hanya satu data. One to many berarti satu data berelasi dengan banyak data. Many to many berarti banyak data berelasi dengan banyak data.

Itulah sekilas mengenai pengertian RDBMS beserta macam relasinya. Semoga Informasi yang artikel ini berikan bermanfaat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*