Apa Itu Plugin?

apa itu plugin
apa itu plugin

Apa Itu Plugin? – Pernahkah kamu mendengar tentang istilah plugin ini? ataukah istilah ini belum terdengar familiar di telinga kalian?. Jika kalian belum tahu tentang plugin dan ingin mengetahuinya maka kamu berada di halaman artikel yang tepat. Pada pembahasan kali ini kita akan menyajikan informasi – informasi yang berkaitan dengan plugin mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan informasi tambahan lain.

Bagi seseorang yang sudah lama menyelam di dunia IT terutama web developer, pastinya istilah plugin ini merupakan istilah yang familiar dan sudah tidak asing lagi. Pasalnya, plugin merupakan bagian penting dari pembangunan serta pengelolaan website agar menjadi lebih efektif dan efisien. Seberapa besar sih pengaruh plugin bagi website?, dan apasih pengertian dari plugin itu sendiri?.

Apa Itu Plugin?

plugins
plugins

Plugin merupakan suatu kode software yang memberikan fungsi tertentu dan memungkinkan suatu sistem aplikasi untuk menjalankan fitur – fitur tambahan pada sistem tersebut. Fungsi dan fitur – fitur yang ditambahkan tentunya tidak selalu sama, plugin mempunyai banyak jenis yang tentunya tiap jenis memiliki fungsi yang berbeda.

Ketika kita akan memasang plugin pada program aplikasi atau website kita, maka langkah awal adalah dengan mengenali jenis – jenis plugin. Mengapa demikian? hal ini tentu saja agar kita dapat mengetahui jenis plugin apa yang kita butuhkan dan yang sesuai dengan jenis program aplikasi atau web kita. Mengenali jenis – jenis plugin sangatlah penting, karena dengan plugin yang tepat akan memberikan banyak kemudahan serta menambah efektifitas pprogram yang kita buat.

Jenis – Jenis Plugin

  1. Plugin Pada WordPress, wordpress merupakan content managemen system yang menyediakan banyak plugin di dalamnya. Plugin di wordpress sangat mempermudah seseorang yang tidak cukup ahli coding. Karena untuk menggunakan plugin wordpress kita cukup menginstall dan mengaktifkannya saja.
  2. Plugin SEO, plugin ini berfungsi untuk menempatkan posisi website berada pada halaman teratas browser. Memang tidak sepenuhnya memberikan efek yang besar, namun plugin ini meningkatkan potensi website berada di posisi teratas.
  3. Plugin Keamanan, jenis plugin ini berfungsi untuk melindungi website dari berbagai serangan atau tindak kriminal yang bisa datang kapan saja.
  4. Plugin Back – Up, jenis plugin ini berfungsi untuk mengembalikan data website yang terhapus atapun error. Hal tersebut bisa menjadi antisipasi apabila sewaktu – waktu kita tidak sengaja menghilangkan data website.
  5. Plugin Anti Spam, plugin ini digunakan untuk mengantisipasi agar blog dari website kita terhindar dari komentar yang mengganggu.
  6. Plugin Kecepatan Website, plugin ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan webiste. Karena kecepatan website merupakan unsur yang penting untuk diperhatikan agar pengunjung website kita nyamna kita mengaksesnya.

Sekian dulu informasi yang bisa kami berikan mengenai plugin, semoga informasi ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*