Apa Itu Node.js ?




Apa Itu Node.js ? – Pernahkah kalian menggunakan aplikasi Linkedln, Netflix, dan juga Trello?. Jika kalian pernah menggunakan aplikasi tersebut maka aplikasi tersebut ternyata dibangun dengan basis pemrograman Node.js. Nodejs adalah sebuah platform yang banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi website.

Ketahui lebih lengkapnya di artikel bawah ini !

Apa Itu Node.js?

Bagi para pemula di dalam bidang IT atau programming ada beberapa yang menganggap bahwa nodejs hanya sebuah framework biasa. Padahal kenyataannya, Node.js adalah sebuah runtime evironment untuk JavaScript yang bersifat open source dan class platform. Dengan adanya Node.js maka kalian bisa menjalankan kode JavaScript di mana saja, tidak akan terbatas pada lingkungan browser.

Node Js ini dibangun dengan menggunakan Engine JavaScript V8 milik google. Dan hal ini dijadikan Node.js memiliki performa yang cukup tinggi. Platform ini juga memiliki library sendiri yang tidak perlu menggunakan webserver NGINX dan juga Apache.

Cara Kerja dari Node. js

  1. Client akan mengirimkan request kepada webserver untuk berinteraksi dengan aplikasi web. Request yang dapat digunakan berupa blocking atau non-blocking, contohnya seperti: menghapus dan memperbarui sebuah data.
  2. Node.js akan mengambil request yang sudah masuk, lalu menambahkan ke dalam Event Queue.
  3. Permintaan tersebut lalu akan diteruskan satu per-satu melalui Event Loop dan akan diperiksa apakah requestnya cukup sederhana. Sehingga tidak akan memerlukan resource eksternal apapun.
  4. Event Loop akan memproses permintaan sederhana (operasi non-blocking), seperti pollingI/O.
  5. Satu-persatu thread dari thread akan ditugaskan ke dalam request kompleks. Dan Thread ini bertanggung jawab untuk menyelesaikan permintaan Blocking Tertentu.
  6. Setelah task selesai dilakukan, maka respons dikirim ke Event Loop yang pada gilirannya digunakan untuk mengirimkan respons itu kembali ke client.

Keunggulan Node.js

  • Dapat mengeksekusi kode dengan sangat cepat
  • Menyediakan berbagai library/module JavaScript yang membantu menyederhanakan pengembangan web
  • Membantu server untuk merespon secara asynchronous sehingga menjadi lebih scalable
  • Memberikan lebih banyak ruang kebebasan untuk membangun semuanya dari nol dengan cara kalian sendiri

Nah itulah beberapa keunggulan dari Node.Js yang dapat kami sampaikan. Semoga kalian dapat lebih mudah mengenal Node.js setelah membaca artikel atau pembahasan di atas tadi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*