Apa itu MVC




MVC
MVC

Apa itu MVC – Pernahkah kamu mendengar tentang MVC? jika tidak maka wajar saja, karena memang istilah ini hanya sering digunakan pada pengembangan website. Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pengembangan web, atau yang bekerja sebagai web developer. Namun jangan khawatir, karena pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari mengenai MVC.

Apa Yang Dimaksud Dengan MVC?

Konsep MVC
Konsep MVC

MVC sendiri merupakan singkatan dari Model View Controller. MVC ( Model View Controller ) adalah sebuah pola arsitektur dalam pembuatan aplikasi dengan metode memisahkan kode menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Model, bagian model ini merupakan bagian yang mempunyai tugas untuk menyiapkan, mengorganisasikan, mengatur dan memanipulasi data yang ada pada database. Bagian ini umumnya merepresentasikan struktur data dalam bentuk basis data seperti file teks, web service ataupun file xml. Sederhananya, model adalah bagian yang menentukan data apa saja yang harus ada dalam aplikasi/ ditempilkan dalam view.
  2. View, merupakan bagian yang bertugas untuk menampilkan informasi pada bentuk Graphical User Interface. Atau sederhananya ini adalah bagian yang bertugas untuk mengatur semua tampilan yang ada didalam sebuah aplikasi maupun website. View menjadi bagian yang berkaitan langsung dengan user. Bagian ini menentukan bagaimana data disajikan pada user dan juga menerima data yang harus ditampilkan dari model.
  3. Controller, merupakan bagian yang memiliki tugas untuk memnghubungkan atau mengatur model dan view agar dapat saling terhubung. Isi dari controller adalah logika yang akan memperbarui model sebagai repon dari tindakan user. Tugas dari controller diantaranya yaitu penyedia penanganan error, mengerjakn proses logika aplikasi, memanngil model untuk keperluan akses basis data dan lain – lain.

Apa Kelebihan Dari MVC?

Dengan penerapan metode arsitektur ini sebenarnya memberikan manfaat dari banyak segi. Metode ini merupakan konsep pembuatan implementasi aplikasi jadi lebih sederhana dan kode program yang perlu diketikpun sedikit. Selain itu masih banyak kelebihan lainnya, diantaranya sebagai berikut :

  1. SEO friendly, Metode ini merupakan slaah satu platform desain arsitektur yang mendukung aplikasi dalam kategori SEO friendly.
  2. Mendukung Pemrograman Asinkron, aplikasi yang menggunakan konsep MVC dapat bekerja dengan file PDF, browser dan widget dekstop. Komponen logika yang ada pada MVC ini mendukung teknik pemrograman asinkron yang tentunya membantu developer dapat mengembangkan aplikasi dengan cepat.
  3. Mudah dalam pengubahan kode program, pada aplikasi web, bagian view merupakan bagian yang paling sering diubah baik font, layout dan lain – lain. Karena metode ini memisahkan menjadi 3 bagian, maka ketika kamu mengubah kode program pada bagian View tidak akan berpengaruh pada bagian controller dan model.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai MVC beserta fungsi dan kelebihannya, semoga bermanfaat, terimakasih




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*