Apa Itu Microsoft




Apa Itu Microsoft
Apa Itu Microsoft

Apa Itu Microsoft – Kebanyakan dari kalian pasti sudah mengerti mengenai Microsoft. Namun bagi kalian tentu saja masih ada saja yang bingung mengenai Windows ini. Lalu apa sih sebenarnya Microsoft itu? Lebih lanjutnya, yuk simak artikel ini sampai selesai.

 

Apa Itu Microsoft

Apa Itu Microsoft
Apa Itu Microsoft

 

Sejarah Singkat Microsoft – Perusahaan Perangkat Lunak Terbesar Dunia

Microsoft adalah perusahaan teknologi komputer multinasional Amerika yang sejarahnya dimulai 4 April 1975. Dibentuk oleh jebolan Harvard College, Bill Gates dan teman masa kecilnya Paul Allen, Microsoft kini telah menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar. Ini juga salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Jadi bagaimana Microsoft menjadi begitu sukses?

Microsoft terlibat dalam pengembangan, pemberian lisensi, dan dukungan berbagai produk dan layanan perangkat lunak yang memenuhi berbagai persyaratan. Pada tahun 2000 Steve Ballmer diangkat sebagai CEO baru Microsoft. Bill Gates telah bertemu Steve Ballmer di Universitas Harvard sebelum dia pergi. Meskipun ada beberapa kekhawatiran atas kemampuan Ballmer, Microsoft mempertahankan posisi teratasnya di pasar komputer bisnis dan pribadi. Kekuatan utama Microsoft dan sebagian besar keuntungannya diperoleh dari sisi bisnis. Meskipun perusahaan mengakui bahwa mereka memiliki kehadiran utama di pasar konsumen seiring kemajuan teknologi.

Kesepakatan Altair yang berhasil pada Januari 1975 menginspirasi Bill Gates dan Paul Allen untuk membentuk Microsoft. Penghasilan mereka untuk tahun 1975 berjumlah $ 16.000. Istirahat besar Microsoft adalah pada tahun 1980, ketika kemitraan dibentuk dengan IBM yang menghasilkan Microsoft menyediakan sistem operasi penting, DOS, untuk PC IBM. Ini berarti bahwa untuk setiap Komputer IBM yang dijual royalti dibayarkan kepada Microsoft. Pada tahun 1990, Gates menunjukkan rencana masa depan untuk Microsoft dengan memperkenalkan Windows 3.0. 60 juta salinan Windows telah terjual sekarang yang secara efektif menjadikan Microsoft satu-satunya penjaga standar perangkat lunak PC.

Microsoft sebelum 1990 sebagian besar merupakan pemasok untuk produsen perangkat keras. Itu adalah target pasar mereka. Ketika teknologi canggih dan komputer pribadi menjadi sangat populer, sebagian besar pendapatan Microsoft dihasilkan dari penjualan ke konsumen. Itu adalah perusahaan perangkat lunak pertama yang mencapai pendapatan $ 1 Miliar. Ketika semakin banyak versi Microsoft Windows diluncurkan, Microsoft meraih pangsa pasar yang lebih tinggi di PC dunia (sekitar 90%).

Proyek Longhorn pada tahun 2001, melihat banyak sistem operasi Microsoft sebelumnya diganti dimulai dengan Vista. Vista dirilis ke publik pada tahun 2007 dan itu adalah sistem operasi baru. Ada banyak pilihan Vista yang tersedia untuk konsumen yang berbeda; Rumah (Dasar atau Premium), Ultimate, Bisnis dan banyak lagi. Pelanggan inti Microsoft, pasar korporat lebih menyukai Windows XP karena sistem operasinya cepat, stabil, dan aman.

Windows 7 dirilis pada 2009 untuk menggantikan Vista yang mengamankan keunggulan Microsoft di pasar perangkat lunak. Ini diikuti oleh rilis Windows 8 pada Oktober 2012 yang mencakup perubahan besar pada platform OS dan antarmuka pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada tablet. Sejak itu Windows 8.1 telah dirilis (Oktober 2013) yang berisi lebih banyak perbaikan.

Microsoft juga memasuki pasar permainan dan ponsel dan berhasil menangkap pangsa pasar yang besar. OS Windows Mobile digunakan oleh banyak penjual termasuk HTC, LG, Samsung dan LG. Pada tahun 2001 Microsoft merilis Xbox diikuti oleh Xbox Live pada tahun 2002. Kedua rilis sangat sukses yang menempatkan Microsoft kedua di pasar video game. Xbox 360, dirilis pada 2005 adalah konsol game yang sangat kuat sambil menghadapi persaingan yang kuat. Microsoft harus memotong harga konsol game mereka untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih tinggi karena persaingan. Ini adalah langkah yang sukses; Xbox 360 adalah konsol game yang paling banyak digunakan di rumah-rumah Amerika.

Microsoft mengakuisisi Skype pada 2011 dengan harga $ 8,5 Miliar; ini adalah akuisisi terbesar dalam sejarah Microsoft. Microsoft mengakuisisi Skype untuk bersaing dengan Apple’s Facetime dan Google’s Voice. Microsoft berencana untuk menambahkan Skype ke produk-produknya seperti Outlook, Xbox dan Windows smartphone.

Microsoft juga baru-baru ini pindah ke komputasi cloud dengan platform Windows Azure yang diumumkan pada tahun 2008. Platform Windows Azure memungkinkan konsumen membangun infrastruktur komputasi di “cloud” dan menawarkannya kepada penggunanya. Pada 2011, Office 365, versi cloud dari suite perangkat lunak bisnis Office dirilis yang mencakup aplikasi seperti Word dan Excel.

Artikel diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai Microsoft. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian. Sekian dari kami, terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*