Apa Itu Linux




Apa Itu Linux
Apa Itu Linux

Apa Itu Linux – Sebagai seorang yang baru memulai menggunakan Linux sangat di sarankan untuk mengenal terlebih dahulu pengetahuan dasar tentang Linux dimulai dari pengertiannya untuk sebagai pengetahuan awal yang wajib untuk di ketahui. Sebelum kita belajar Linux, mari kita mengerti terlebih dahulu mengenai Sistem Operasi.

 

Apa Itu Linux

Apa Itu Linux
Apa Itu Linux

 

Apa itu Sistem Operasi?

Setiap kali Kalian menyalakan komputer, Kalian bisa melihat layar kalian melakukan berbagai aktivitas seperti menulis, menjelajahi internet, atau menonton video. Apa yang membuat perangkat keras komputer berfungsi seperti itu? Bagaimana prosesor di komputer Kalian tahu bahwa Kalian memintanya untuk menjalankan file mp3?

Ya, itu adalah sistem operasi atau kernel yang melakukan pekerjaan ini. Kernel adalah program inti dari semua sistem operasi yang menangani hal-hal mendasar, seperti membiarkan perangkat keras berkomunikasi dengan perangkat lunak.

Jadi, untuk bekerja di komputer Kalian, Kalian memerlukan Sistem Operasi (OS). Bahkan, Kalian menggunakan satu saat Kalian membaca ini di komputer Kalian. Sekarang, Kalian mungkin telah menggunakan OS populer seperti Windows, Apple OS X tetapi di sini kita akan belajar apa itu Linux dan apa manfaatnya daripada pilihan OS lainnya.

 

Apa Itu Linux?

Sistem operasi open source Linux , atau Linux OS, adalah sistem operasi lintas platform yang dapat didistribusikan secara bebas berdasarkan Unix yang dapat diinstal pada PC, laptop, netbook, perangkat mobile dan tablet, konsol permainan video, server, superkomputer dan banyak lagi.

OS Linux sering dikemas sebagai distribusi Linux untuk penggunaan desktop dan server, dan termasuk kernel Linux (inti dari sistem operasi) serta alat pendukung dan perpustakaan. Distribusi OS Linux yang populer termasuk Debian , Ubuntu , Fedora, Red Hat dan openSUSE.

 

Keuntungan dan Kekurangan Linux

Berikut beberapa keuntungan Linux :

  • Sumber terbuka

Linux adalah OS open-source yang berarti siapa pun dapat melihat kode sumber dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhannya. Kalian dapat dengan bebas menginstal Linux di banyak komputer tanpa mendapatkan lisensi berbayar. Jika kita membandingkan ini dengan

windows atau mac maka mereka dibayar sistem operasi. Kalian harus mendapatkan lisensi windows dan mac untuk digunakan di mesin Kalian.

 

  • Tidak diperlukan perangkat lunak anti-virus

Di Linux, Kalian tidak perlu menginstal perangkat lunak anti-virus pada PC Kalian. Linux memiliki lebih sedikit peluang untuk terkena virus. Alasan perlindungan virus yang kuat adalah karena Linux memiliki sejumlah besar pengembang open source yang mengawasi hal-hal terkait virus. Jika ada kode sumber yang perlu diperbarui maka itu dilakukan dalam waktu singkat.

 

  • Editor teks

Linux memiliki banyak sekali editor teks yang tersedia. Jika Kalian seorang programmer maka Kalian dapat memilih paket perangkat lunak gratis seperti kode visual studio, Vim, Atom dll. Sebagian besar editor teks tersedia secara bebas dan Kalian dapat menggunakannya tanpa masalah.

 

  • Command prompt yang kuat

Command prompt di Linux sangat maju dan jika Kalian adalah pengembang maka Kalian dapat melakukan sebagian besar pekerjaan Kalian menggunakan antarmuka baris perintah. Kalian dapat menginstal repositori dan paket yang berbeda melalui antarmuka baris perintah.

 

  • Tidak perlu reboot

Jika Kalian adalah pengguna windows maka Kalian telah melihat reboot sistem saat Kalian menginstal / uninstall perangkat lunak atau reboot ketika sistem menjadi lambat. Tetapi dalam kasus Linux, Kalian tidak perlu reboot sistem Kalian dalam kasus seperti itu.

 

  • Spesifikasi sistem rendah

Jika Kalian memiliki komputer lama yang memiliki spesifikasi rendah maka Kalian masih dapat menjalankan Linux. Linux memiliki distribusi yang berbeda yang tersedia untuk semua jenis komputer misalnya komputer skala besar, server, Pc dll.

 

  • Bagus dalam multitasking

Jika Kalian ingin melakukan beberapa pekerjaan batch seperti mencetak file besar atau mengunduh file besar maka Kalian dapat secara bersamaan melakukan tugas-tugas lain seperti mengetik atau mengkode program apa pun. Linux bagus dalam melakukan multitasking dan sistem Kalian tidak akan melambat.

 

  • Lebih sedikit ruang disk yang dibutuhkan

Jika Kalian memiliki ruang disk terbatas maka Kalian masih dapat menjalankan Linux. Kalian tidak perlu ruang disk tambahan untuk menjalankan Linux untuk waktu yang lebih lama.

 

  • Format file

Linux mendukung sejumlah besar format file. Jadi Kalian tidak perlu khawatir jika format file apa pun tidak berjalan di Linux. Kalian dapat menginstal paket perangkat lunak yang berbeda untuk format file tertentu dan itu akan berfungsi dengan baik.

Berikut beberapa kekurangan Linux :

  • Driver perangkat keras

Salah satu masalah yang dihadapi sebagian besar pengguna Linux adalah beberapa driver perangkat keras tidak tersedia untuk Linux. Perusahaan perangkat keras lebih suka membuat driver untuk windows atau mac karena mereka memiliki lebih banyak pengguna dibandingkan dengan Linux.

 

  • Kurva pembelajaran

Memulai dengan windows itu mudah untuk pemula tetapi belajar Linux itu sulit. Kalian harus belajar tentang antarmuka baris perintah dan mencari perangkat lunak baru juga agak sulit. Jika Kalian menghadapi masalah dalam sistem operasi, maka mencari solusinya bermasalah. Ada lebih sedikit ahli untuk Linux dibandingkan dengan windows dan mac.

 

  • Alternatif perangkat lunak

Ambil contoh Photoshop yang merupakan alat pengeditan grafis yang populer. Photoshop tersedia untuk windows tetapi tidak ada di Linux. Ada alat pengeditan foto lain tetapi Photoshop adalah alat yang lebih kuat daripada yang lain. MS office adalah contoh lain yang tidak tersedia untuk pengguna Linux.

 

  • Permainan

Sebagian besar game dibuat untuk windows tetapi tidak untuk Linux. Sebagai platform windows banyak digunakan sehingga pengembang game lebih tertarik pada windows.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan dari Sistem Operasi Linux dan beberapa keuntungan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Sekian, terima kasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*