Apa Itu Internet OF Things




Apa Itu internet Of Things
Apa Itu internet Of Things

Apa Itu Internet OF Things – Internet untuk Segala merupakan sebuah konsep yang mempunyai tujuan untuk bisa memperluas manfaat dari konektivitas internet yang telah tersambung dengan secara terusmenerus sepanjang hari. Adapun kemampuanya yaitu contohnya seperti berbagi data, remote control, dan masih banyak lagi yang lain lainya, termasuk juga pada benda yang berada di dunia nyata.

Apa Itu Internet OF Things

Apa Itu internet Of Things
Apa Itu internet Of Things

Internet of things merupakan sebuah konsep yang dimana suatu benda atau suatu objek ditanamkan teknologi – teknologi tertentu seperti sensor dan software – software dengan bertujuan agar bisa berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat yang lain selama perangkat tersebut masih terhubung ke internet.

IoT memiliki hubungan yang erat dengan istilah machine-to-machine atau bisa juga di sebut dengan M2M. Seluruh alat yang memiliki kemampuan komunikasi M2M ini seringkali disebut dengan perangkat yang cerdas atau dalam bahasa inggrisnya smart devices. Perangkat cerdas ini diharapkan bisa membantu kerja manusia dalam menyelesaikan berbagai urusan atau tugas – tugas yang ada agar menjadi lebih mudah dan bisa untuk mempersingkat waktu.

Manfaat internet of things di berbagai bidang

  • Pertanianteruntuk yang pertama kita akan membahas mulai dari sektor pertanian atau bisa juga disebut dengan agriculture. Penerapan IoT dalam sebuah sektor pertanian dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yang ada. Salah satunya dalam urusan pengumpulan – pengumpulan data. Data – data yang telah dikumpulkan dapat berbentuk berupa suhu, kelembapan, curah hujan, kadar air dalam tanah, dan pemantauan – pemantauan hama hal tersebut berguna agar pertanian petani bisa menjadi lebih kondusif.
  • Kesehatan

Teruntuk yang kedua yaitu ada dibagian sektor medis dan kesehatan. Dalam dunia kesehatan internet of things terus dikembangkan, trus di update juga. Direncanakan ke depannya seluruh hasil pemeriksaan dapat langsung diterima oleh para tenaga – tenaga medis yang ada atau para rumah sakit. Data – data yang telah dikirimkan seperti halnya sebuah tekanan darah, riwayat penyakit, penyakit yang sedang dialami oleh pasien, dan masih banyak yang lain – lainya.

  • Transportasi

Berikutnya untuk yang no 3 adalah sebuah sektor transportasi. IoT dapat membantu manusia dalam bidanng mengintegrasikan, mengontrol, dan memproses informasi – informasi yang ada pada sebuah sistem transportasi. Penerapan internet of things ini telah berkembang sangat pesat dan dapat diimplementasikan pada bagian mesin – mesin kendaraan atau pada bagian fungsi – fungsi kemudinya.

  • Otomatisasi rumah

untuk bagian yang ke empat ini dalam sektor rumah. Perangkat internet of things juga tidak hanya bisa digunakan dalam sektor – sektor usaha saja masih banyak kegunaaanya di bagian yang lain, tetapi ia juga bisa digunakan untuk bisa melengkapi keperluan – keperluan pribadi. Kamu dapat membuat rumahmu menjadi serba otomatis dengan adany internet of thing ini, mulai dari hanya menghidupkan lampu, menghidupkan perangkat elektronik, dan sampai bisa untuk membuka pintu rumah. Perangkat – perangkat tersebut disebut dengan smart home peripheral atau bisa juga di sebut dengan perangkat rumah pintar.

  • LingkunganTeruntuk bagian yang terakhir adalah penerapan beberapa IoT dalam sektor lingkungan. Biasanya untuk sektor lingkungan ini menggunakan bantua dari aplikasi dan perangkat IoT yang menggunakan kecanggihan sebuah sensor. Contohnya seperti alat yang dapat memantau kualitas – kualitas udara, alat yang dapat dipasangkan ke satwa liar dalam sebuah penangkaran, pengecekan kondisi air yang sedang baik atau buruk, dan masih banyak lagi yang lainya. Bahkan internet of things juga dapat dimanfaatkan untuk sistem pengingat atau peringatan dini bencana – bencana yang akan datang dari jauh jauh hari.

Itulah informasi yang dapat saya bagikan untuk anda semuanya, jika dalam artikel ini terdapat sebuah patah kata yang tidak sopan atau kurang tepat saya mohoon maaf, sampai jumpa di artikel yang akan datang selanjutnya……




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*