Apa Itu Helper URL Pada Condeigniter ?




coundeiniter
coundeiniter

Apa Itu Helper URL Pada Condeigniter ?-Sebagaimana kita ketauhi bahwa, peran dari helper sangat dibutuhkan untuk membantu para programer dalam menjalankan berbagai fungsi yang ada. Dari banyaknya helper yang digunakan di berbagai aplikasi. Helper URL pada Condeigniter adalah yang banyak digunakan. Untuk mengenal lebih jauh tentang Helper maka kalian simak terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Karena peran helper sangat penting, maka Helper sering diibaratkan sebagai fungsi-fungsi yang bisa digunakan kapan saja. Untuk lebih jelasnya, Kalian bisa membaca penjelasan berikut ini!

Apa itu Helper URL pada Condeigniter dan Apa fungsi yang terdapat di dalamnya ?

helper coundeigniter
helper coundeigniter

Seperti yang disebutkan sebelumnya Helper URL adalah helper dari condeigniter yang banyak digunakan di berbagai aplikasi. Meskipun begitu, helper jenis ini bisa digunakan pada controller maupun view. 

Salah satu alasan kenapa Helper URL ini banyak digunakan oleh berbagai aplikasi, Dikarenakan helper jenis ini sangat membantu dan memiliki berbagai fungsi yang memudahkan programer dalam melakukan programing.

Berikut beberapa Fungsi tersebut yaitu :

  1. Base_URL(), Fungsi dari Base_URL() ini adalah menghasilkan URL yang sudah ditentukan berdasarkan konfigurasi pada base_url(). Tetapi tidak menyertakan index.php dibelakangnya, base_url() ini dapat menghasilkan root yang ada pada aplikasi.
  2. Site_URL(), peran dari site_url ini adalah mengembalikan url berdasarkan konfigurasi base_url dan index_page. Di mana base_url ini dan index_page sudah ditentukan sebelumnya pada configuration.
  3. Index_page(), fungsi dari index_page ini konfigurasi yang sebelumnya $config [ ‘index_page’ } = ‘index.php’ ; akan menjadi index.php .
  4. Achor (), achor ini biasa digunakan untuk membuat link. Karena jika digunakan maka fungsi ini akan menampilkan elemen link.
  5. Achor pop_up(), fungsi ini digunakan untuk membuka jendela pop up.
  6. Current_url(), fungsi ini tak kalah penting dari fungsi lainnya. Fungsi ini biasanya digunakan untuk membuka URL yang sedang dibuka, sehingga URL yang digunakan adalah URL yang sedang dibuka tersebut.
  7. Mailto (), fungsi ini akan menghasilkan sebuah link yang merupakan alamat email.
  8. Safe_mailto(), selain menghasilkan link dengan alamat email safe_mailto ini jugalebih aman dari adanya bot spam.
  9. Auto_link(), sebelum mengenal fungsi auto_link kalian harus mengenal dulu fungsi dari achor, achor pop_up, safe_mailto. Karena fungsi auoto_link ini menghasilkan parameter link.

Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai apa itu helper URL dan apa saja fungsi yang terdapat di dalamnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*