Apa Itu DKV

Apa Itu DKV




Apa Itu DKV
Apa Itu DKV

Apa Itu DKV – Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang dari ilmu desain yang mempelajari cara menyampaikan pesan menggunakan ekspresi kreatif untuk mencapai tujuan tertentu, seperti memberikan informasi atau persuasi (seperti dalam periklanan). Teknik dan media yang menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan juga dipelajari. Yang menarik di sini adalah bahwa perancang komunikasi visual harus dapat memproses pesan dengan cara yang efektif, informatif, dan komunikatif.

Apa Itu DKV

DKV
DKV
Apa Itu DKV

Ada banyak mata pelajaran dasar yang diajarkan dalam program studi Desain Komunikasi Visual, termasuk mengembangkan bentuk bahasa visual (play of image) dan memproses pesan (play of words) baik untuk tujuan sosial maupun komersial, baik dari individu maupun kelompok. Visualisasi harus kreatif dan inovatif, sedangkan pesan inti harus komunikatif, efisien, dan efektif. Keduanya harus saling mendukung untuk disampaikan dengan baik kepada target.

Ruang lingkup karya seorang desainer komunikasi visual sangat luas, mulai dari mendesain label produk, logo yang mencerminkan institusi atau perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye suatu program, hingga desain iklan media massa.

Tidak seperti seniman (dalam hal ini, seniman grafis) yang karyanya dibuat sebagai ekspresi pribadi mereka, karya-karya yang dihasilkan oleh seorang perancang komunikasi visual menekankan pada konsep yang ditujukan dan ditujukan untuk audiens target. Ada jurusan di program studi Desain Komunikasi Visual yang dapat dipilih sebelum Semester VI, yaitu:

  1. Graphic Design Communications
  2. Advertising Visual Communications
  3. Inter-media Communications

Pada dasarnya Graphic Design Communications dan Advertising Visual Communications memproses bahasa visual dalam media statis. Keterampilan komunikasi, tipografi, ilustrasi dan fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. Dengan keahliannya, seorang desainer grafis dapat membuat logo, desain majalah/surat kabar, sistem tanda, desain kemasan, paket promosi produk, dan lain-lain. Desainer periklanan mampu merancang visualisasi yang menarik dan efisien untuk tujuan persuasi, mengemas ulang citra suatu produk/program/kampanye dengan bahasa visual yang baik yang berpuncak pada perubahan perilaku audiens target.

Itulah pengertian singkat mengenai Desain Komunikasi Visual (DKV) dari saya, semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai Desain Komunikasi Visual (DKV). Sekian dari saya, maaf jika ada salah kata dari saya sebagai penulis artikel ini dan terimakasih kepada kalian karena telah menyisihkan waktu untuk mengunjungi artikel yang saya buat dan telah mengunjungi website metodeku kami.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*