Apa Itu Copywriting ?

copywriting
copywriting

Apa Itu Copywriting ?-Dalam sebuah pemasaran Digital, kita sering mendengar istilah tentang Copywriting. Peran Copywriting memang sangatlah vital. Copywriting adalah sebuah ujung tombak dalam pemasaran digital. Tetapi,, apa itu copywirting?

Mungkin anda sering menyadari bahwa di dalam artikel atau tulisan berupa ajakan dalam iklan penjualan barang atau jasa yang dibuat dengan sembarangan. Tulisan ajakan tersebut disengaja dibuat oleh mereka yang khususnya bekerja dalam penulisan pemasaran.

Mereka adalah copywriting yang sering kali penulisannya disebut copywriter. Tugas dari copywriting sendiri adalah menjadi penghubung antara penjual dan pengiklan dengan para pembeli atau konsumen melalui media tulisan, audio, gambar, ataupun jenis kontes yang lain.

Definisi dari Copywriting

Di dalam bahasa indonesia Copywriting adalah naskah iklan. Sedangkan Copywriting sendiri adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan yang disebarluaskan untuk kepentingan komersial. Contohnya seperti, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, dan lain sebagainya.

Dalam Praktiknya, naskah iklan tidak hanya berupa iklan konvensional dan berkategori above the line. Melainkan naskah promosi apa pun yang dibutuhkan oleh industri, misalkan seperti teks situs web, kalender, brosur, dan lain sebagainya.

Materi Copywriting bisa mencakup promosi tertulis yang dipublikasikan di dalam media cetak dan daring. Mereka juga bisa menyertakan materi yang sudah diucapkan, seperti script yang digunakan untuk sebuah iklan atau video. Copywriting sebenarnya ada di mana-mana jika kalian baru memulai dengan melihat di dalam kotak surat (surel), kalian akan menemukan beberapa contong dari copywriting yang sudah jelas.

Contoh dari Copywriting

contoh Copywriting Produk Wardah
contoh Copywriting Produk Wardah

Copywriting adalah suatu metode untuk membuat materi, biasanya dapat berupa tulisan. Guna mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai barang dan juga jasa yang ingin diiklankan.

Selain dapat diuntungkan dalam bentuk tulisan, cara copywriting sendiri saat ini juga bisa diterapkan di dalam membuat suatu naskah video ataupun sebuah podcast. selain itu juga, kemampuan dari copywriting juga dapat diterapkan dalam berbagai media pemasaran seperti teks landing page, artikel blog, post pada media sosial, judul hingga deskripsi pada video YouTobe.

5 Jenis Copywriting yang harus kalian ketahui

  1. Direct Response Copywriting
  2. Marketing Copywriting
  3. Brand Copywriting
  4. SEO Copywriting
  5. Technical Copywriting

Sekian Penjelasan pada artikel kali ini, SEMOGA BERMANFAAT:)!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*