Apa Arti Error 404?




404 error
404 error

Apa Arti Error 404? – Pernahkah kalian menjumpai tulisan 404 error not found ketika kamu mengakses sebuah website?. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar, karena didalam dunia teknologi ini semua yang berjalan tidak sesimple apa yang dilihat dan diketahui dan tentunya terdapat banyak error yang terjadi di dalamnya. Dalam dunia teknologi khususya internet, istilah 404 Error not found memiliki arti bahwa sebuah website tidak dapat dibuka atau diakses.

Tulisan Error 404 not Found ini biasanya disebabkan karena link yang sudah expired atau membusuk. Hal ini bisa saja terjadi ketika kita membuka suatu webiste kemudian meninggalkannya tanpa melakukan aktivitas apapun dalam jangka waktu yang lama. Namun mengapa didefinisikan sebagai error dengan kode 404, apa artinya?

Arti dari Error 404 Not Found

tampilan 404 error
tampilan 404 error

Disini kita akan membahasnya satu persatu. 404 terdiri dari dua campuran bilangan yang dimana merupakan kode untuk mendefinisikan suatu kesalahan. Perpaduan tersebut adalah Angka 4 dan 04, Angka 4 yang didepan merujuk pada kesalahan dari user atau pengguna seperti salah dalam memasukkan link, typo dan lain – lain. Sedangkan angka 04 berikutnya mendefinisikan syntax error. Namun perlu diketahui bahwa error 404 ternyata disebabkan oleh beberapa alasan atau kondisi.

Penyebab Error 404 Not Found

Kita seringkali menjumpai error yang satu ini, penyebabnya memang sangat beragam dan tentu saja bisa muncul di semua platform. Kali ini kita akan membahas beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebabnya.

  1. Salah Memasukkan Link, untuk mengakses sebuah website tentunya kita memerlukan suatu domain atau alamat. Alamat tersebut yang nantinya akan mengantarkan kita ke dalam sebuah website. Ketika kita salah mengetikkan suatu domain atau link maka yang akan muncul adalah error 404.
  2. Cache Error, penyebab selanjutnya dari 404 error adalah cache. Chace merupakan sesuatu yang digunakan untuk menampilkan halaman website dengan cepat. Ada kalanya browser yang kamu pakai melakukan proses caching pada sebuah website yang sedang diakses meskipun website tersebut menampilkan notif bahwa website tidak ditemukan. Nah karena inilah Error 404 tampil.
  3. Pengaturan Domain, penyebab berikutnya adalah domain yang bermasalah. ketika suatu domain belum dipropagasi ke DNS maka tampilan 404 error akan muncul.
  4. Compatibillity, penyebab yang satu ini biasa ditemukan pada website yang menggunakan wordpress. Dalam suatu kondisi tertentu, permasalahan pada tema dan plugin dapat mempengaruhi wordpress ketika membuat permalink. Hal ini menyebabkan url yang dibuat tidak dapat berfungsi.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai Error 404 not found, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnyaa~




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*