Metode Memformat Flashdisk Dengan Benar




Cara Format Flashdisk
Cara Format Flashdisk

Metode Memformat Flashdisk Dengan Benar – Flashdisk adalah alat  penyimpanan yang bisa kalian gunakan dengan cara praktis sebab ukurannya yang relatif kecil dan tentu saja bersifat portable. Tidak bisa dipungkiri, selengkap ataupun seportabel apapun laptop yang kalian gunakan, kalian masih akan terkendala dengan ukuran dimensinya yang dapat dikatakan besar serta lumayan berat.

Sebab seperti itu anda menginginkan media penyimpanan cadangan yang lebih portable alhasil lebih gampang dibawa kemana saja. Ada banyak pilihan media penyimpanan yang bisa dipakai. Terdapat hardisk eksternal, micro SD, ataupun flashdisk. Walaupun jika dilihat dari fungsi serta portabilitasnya, flashdisk masih menduduki peringkat pertama diantara kedua lainnya.

Pada saat anda ingin memakainya, ada kalanya anda harus memeriksa flashdisk. Karena seperti media penyimpanan yang lain, flashdisk juga mempunyai batas penyimpanan. Apalagi jika flashdisk anda terkena virus, jika ingin menghindari infeksi virus pada flashdisk segera format flashdisk milik anda.

 

Metode Memformat Flashdisk Dengan Benar

Pada postingan ini, kita hendak mengajari anda mengenai cara memformat flashdisk. ada 2 cara untuk memformart flashdisk yang akan kami jelakan di sini, yang pertama melalui Windows Explorer( metode yang sering digunakan) dan yang kedua melalui CMD. Bimbingan ini memang kami jalani pada flashdisk, tetapi bila anda mau mencobanya pada fitur hardisk, metode ini masih akan relevan serta bisa dipakai.

 

1. Memformat Flashdisk dengan Windows Explorer

1. Pertama, mari pasang flashdisk ke port USB yang sudah terdapat pada komputer ataupun laptop. Hidupkan juga komputer anda. Setelah itu Back up ataupun pencadangan pada semua data yang ada pada flashdisk itu.

2. Buka Windows Explorer lalu arahkan pada drive USB flashdisk anda. jangan sampai salah, cek terlebih dahulu  kalau drive itu merupakan flashdisk yang mau anda format.

Cara Memformat Flashdisk
Cara Memformat Flashdisk

3. Berikutnya, klik kanan pada symbol USB drive flashdisk anda, klik Format

Cara Memformart Flashdisk Dengan Benar
Cara Memformart Flashdisk Dengan Benar

4. Setelah itu anda akan melihat jendela Format USB Drive. Lihat kapasitas ukuran flashdisk, setelah itu pastikan kalau file system yang dipakai sudah tepat. Bila semuanya sudah sesuai, langsung saja klik Start untuk mengawali proses format.

Cara Memformart Flashdisk Dengan Baik
Cara Memformart Flashdisk Dengan Baik

5. Jika anda sudah meng-klik start, anda akan melihat sebuah kotak pemberithuan yang berisikan informasi, jika anda memformart flashdsik itu maka anda akan kehilangan semua data anda yang ada di dalamnya. Maka dari itu  untuk dapat melakukan pencadangan kepada data di flashdisk sebelumnya. Setelah berakhir, silakan klik OK.

Cara Memformat Flashdiks Dengan Tepat
Cara Memformat Flashdiks Dengan Tepat

6. Tunggulah hingga proses formatting berakhir. Biasanya itu tidak memerlukan waktu yang lamban. proses formatting berhasil jika ada kotak pengunguman yang berisi bahwa proses formatting telah berhasil. Silakan klik OK.

7. Jika proses formatting sudah selesai, anda bisa mengetahui jika flashdisk anda sudah bersih dan tidak ada yang tersisa. anda langsung bisa mengsinya dengan data yang baru.

 

2. Memformat Flashdisk dengan Command Prompt( CMD)

Tidak hanya memakai windows explorer, anda juga bisa melaksanakan formatting dengan memakai command prompt. Perihal ini bisa anda jalani bila flashdisk anda sedang error serta tidak bisa diakses dengan memakai windows explorer. Jika ingin melaksanakan formatting, tancapkan flashdisk anda ke port USB yag ada di laptop maupun pc.

  1. Berikutnya buka Command Prompt as Administrator
  2. jika command prompt sudah terbuka, setelah itu ketikkan diskpart. jika memakai perintah ini anda akan masuk ke dalam utility.
  3. Setelah itu langkah selanjutnya adalah mengetikkan perintah list disk. Dengan perintah ini, anda akan bisa melihat disk yang aktif pada pc ataupun laptop anda, Silakan lihat daftar yang tercantum. anda bisa melihat nomor disk, jika anda takut salah pilih, anda busa melihat size dari disk tersebut.
  4. Jika sudah mengerti, silakan ketik perintah selanjutnya, yaitu pilih disk 1. jika anda memilih perintah ini maka anda memilih flashdisk dengan nomor 1 yang anda yakini sebagai flashdisk.
  5. Berikutnya ketikkan perintah clean. Perintah ini berarti kalau anda memerintahkan command prompt untuk membersihkan data yang ada pada flashdisk anda.
  6. Setelah itu anda ketikkan kembali perintah list disk untuk mengetahui hasilnya. anda akan bisa melihat simbol bintang di sebelah kiri disk 1, hal ini terjadi karena anda telah memilih disk 1 dengan perintah select.
  7. Setelah itu anda bisa meneruskan dengan mengetik perintah create partition primary.
  8. Setelah itu ketik perintah select partition 1.
  9. jika sudah anda sudah bisa mengetik perintah active untuk aktifkan partisi yang sudah anda buat.
  10. Berikutnya anda sudah siap untuk melaksanakan cara formatting. selanjutnya anda sudah siap untuk melakukan cara formatting. Untuk melakukannya, ketikkan perintah dengan sebagai berikut “ format FS=[file system yang dipilih] label=[nama label yang ditampilkan pada windows explorer]”.
  11. jika sudah, anda ketik perintah assign letter =[huruf yang anda tampilkan sebagai penanda drive di windows explorer].
  12. jika sudah, anda bisa selesaikan dengan ketikkan perintah exit.
  13. jika semua proses sudah selesai anda bisa membuka windows explorer dan klik kanan di drive USB flashdisk.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*